Kelebihan dan Kelemahan Media Pembelajaran Sejarah
1. Peninggalan sejarah
Kelebihan :
a. Siswa dapat mengamati secara langsung objek pembelajaran sehingga mengurangi kegiatan menerka-nerka/menebak-nebak.
b. Siswa lebih mudah mengapresiasi dan menilai suatu karya sejarah
c. Memudahkan siswa untuk mensimulasi sendiri suatu peristiwa sejarah melalui peninggalan sejarah.
Kekurangan :
a. Tidak bisa dibawa kedalam kelas untuk dipamerkan kepada siswa
b. Tidak semua peninggalan sejarah dipamerkan tanpa biaya masuk
c. Tidak mampu mewakili suatu peristiwa sejarah secara keseluruhan
d. Keutuhan dan keasliannya tergantung perawatan
2. Model/ tiruan
§ Model adalah suatu penyederhanaan suatu realitas tetapi tidak menunjukkan aktivitas atau tidak menunjukkan suatu proses.
Kelebihan:
a. Sudah bisa mewakili benda aslinya
b. Siswa mudah mengapresiasi dan menilai suatu karya sejarah melalui apa yang dilihatnya (model/ miniatur tersebut)
c. Bisa dibawa dan dimasukkan kedalam kelas, bisa dibawa kemana-mana
Kekurangan:
a. Tidak bisa disamakan persis dengan benda aslinya
b. Detil objek tidak dapat diketahui
c. Sulit membayangkan secara tepat ukuran sesungguhnya
§ Cara Pembuatan Media Tiruan (Berupa patung)
1. Memilih bahan (kayu, pasir, batu atau tanah)
2. Mengumpulkan alat-alat pembuatan
3. Memulai membuat dengan mengukir dan menghias patung
4. Setelah selesai, patung dijemur atau dikeringkan
5. Jika patung dari tanah, untuk memperkuat maka dibakar
6. Memberi hiasan terakhir berupa cat ataupun hiasan lainnya.
§ Pemanfaatan Media Tiruan
1. Digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran
2. Digunakan agar kegiatan pembelajaran lebih menarik
3. Digunakan agar mempermudah melihat benda-benda atau peninggalan-peninggalan tanpa perlu jauh-jauh ke lokasi aslinya.
4. Digunakan untuk mempermurah biaya
3. Museum
§ Museum adalah bangunan tempat penyimpanan benda-benda bersejarah yang dianggap penting dalam sejarah umat manusia.
Kelebihan:
a. Harga tiket masuk yang murah
b. Adanya berbagai macam variasi objek di museum yang lengkap
c. Fasilitas yang disediakan lengkap
d. Ruangan museum bersih dan sejuk
e. Lingkungan sekitar museum bersih dan terawat
Kekurangan:
a. Ruangan museum yang panas dan kurangnya penerangan
b. Objek yang ada di museum tidak bervariasi dan tidak lengkap
c. Fasilitas yang ada di museum tidak lengkap
d. Lingkungan di sekitar museum kotor
e. Taman yang tidak terawat
4. Ruang Sejarah/ Laboratorium
§ Laboratorium adalah ruangan yang berisi alat/benda yang dapat mengujikan sesuatu hal.
Kelebihan:
a. Peserta didik dapat berganti situasi baru
b. Situasi pembelajaran biasanya lebih menyenangkan
c. Peserta didik dapat menggunakan alat bantu media yang lebih lengkap dan lebih dekat untuk mengambilnya karena memang sudah tersedia
Kekurangan:
a. Peserta didik yang kurang suka dengan belajar model ini merasa kurang mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan
b. Belum tentu ruang laboratorium lebih menyenangkan
c. Sering ada peserta didik lain yang lalu lalang karena memerlukan alat lain yang ada di laboratorium
5. Media Grafis: Peta, Bagan
§ Peta adalah gambar permukaan bumi atau sebagian daripadanya. Sebenarnya peta bisa juga disebut sebagai bagan. Secara langsung atau tidak langsung peta mengungkapkan sangat banyak informasi seperti lokasi suatu daerah, luasnya, bentuknya, penyebaran penduduk, daratan perairan, iklim, sumber ekonomi, serta hubungan satu dengan yang lain.
§ Bagan adalah salah satu media yang bentuknya hampir menyerupai digram. Bedanya, bagan lebih menekankan kepada suatu perkembangan atau suatu proses atau susunan organisasi. Bagan ada kalanya disertai simbol atau gambar, maka hal ini sifatnya piktoral.
Kelebihan:
a. Peserta didik dapat dengan mudah mengetahui lokasi-lokasi sejarah
b. Bisa gunakan skala yang kita mau
c. Mudah dibawa
d. Mudah dibaca, memuat secara umum dan juga bisa dibuat peta yang spesifik komoditas.
e. Siswa dapat dengan mudah mengetahui kronologis suatu peristiwa sejarah
f. Ringkas
Kekurangan:
a. Tidak semua orang pandai membuat peta
b. Untuk peta besar penyimpanannya memakan ruangan Peserta didik
c. Tidak semua siswa dapat mengerti dan membaca peta dan bagan
d. Pesan dan materi dalam peta dan bagan terlalu singkat dan bahkan tidak ada keterangan detilnya.
§ Cara Pembuatan Media Grafis (Peta, Bagan)
1. Menyediakan kertas sesuai yang dibutuhkan
2. Mengumpulkan alat-alat dan bahan
3. Memulai menentukan skala (peta)
4. Memulai menggambar garis/ sketsa (peta dan bagan)
5. Menggambar garis khayal (peta)
6. Menentukan angka-angka, titik-titik legenda atau keterangan (peta dan bagan)
7. Memberi warna untuk memperindah
§ Pemanfaatan Media Grafis
1. Digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran
2. Digunakan agar kegiatan pembelajaran lebih menarik
3. Digunakan agar siswa mengetahui perkembangan-perkembangan dan lokasi-lokasi (peta dan bagan)
6. Media Cetak: Buku, Modul, Komik dan Majalah
§ Buku merupakan sumber belajar yang dibuat untuk keperluan umum dan biasanya seorang siswa yang membaca buku masih membutuhkan bantuan orang lain (guru atau orang tua) untuk menjelaskan kandungannya.
§ Modul merupakan bahan belajar yang dapat digunakan oleh siswa untuk belajar secara mandiri dengan bantuan seminimal mungkin. Dikatakan demikian, karena modul dibuat berdasarkan program pembelajaran yang utuh dan sistematis, serta dirancang untuk sistem pembelajaran mandiri.
§ Komik juga dapat dijadikan media pembelajaran. Gambar dalam komik biasanya berbentuk atau berkarakter gambar kartun. Ia mempunyai sifat yang sederhana dalam penyajiannya, dan memiliki unsur urutan cerita yang memuat pesan yang besar tetapi disajikan secara ringkas dan mudah dicerna.
§ Majalah secara umum dapat dimaknai sebagai media informasi dengan tugas utamanya menyampaikan berita aktual. Dalam konteks pendidikan di sekolah, untuk memacu kreatifitas para siswa dalam menciptakan lingkungannya sendiri sebagai lingkungan yang kondusif untuk belajar, diantaranya adalah majalah.
Kelebihan:
a. Didalamnya terdapat keterangan yang lengkap dan detil
b. Ringkas dan dapat dibawa kemana-mana
c. Dapat dipakai dan disimpan lebih lama
d. Bisa diandalkan dalam menjadi acuan sisw dalam membuat karya tulis
Kekurangan:
a. Mudah diabaikan
b. Tidak disukai bagi siswa yang tidak suka membaca
c. Terdapat modifikasi dari penulis (pandangan)
d. Terdapat kesalahan (ketikan, sumber, peristiwa dan lain-lain)
§ Cara Pembuatan Media Cetak
1. Mengumpulkan sumber-sumber
2. Memulai menentukan judul
3. Membuat kerangka
4. Memulai menulis artikel
5. Mencetak dokumen
§ Pemanfaatan Media Cetak
1. Digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran
2. Digunakan agar kegiatan pembelajaran lebih menarik
0 komentar: