MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH 3



1.      Multimedia
§  Multimedia dalam konteks pembelajaran diartikan sebagai bahasa, sehingga menjadi multibahasa, yakni ada bahasa yang bisa dipahami indera pendengaran, penglihatan, penciuman, peraba, dan lain sebagainya; atau dalam bahasa lain multimedia pembelajaran adalah media yang mampu melibatkan benyak indera dan organ tubuh selama proses pembelajaran berlangsung.
Kelebihan Multimedia:
a.    Menarik perhatian
b.    Meningkatkan kualitas penyampaian informasi
c.    Sistem pembelajaran lebih inovatif dan interaktif
d.   Mampu menimbulkan rasa senang selama PBM berkangsung sehingga akan menambah motivasi siswa.
e.    Mampu menggabungkan antara teks, gambar, audio, musik, animasi gambar atau video dalam satu kesatuan yang saling mendukung sehingga tercapai tujuan pembelajaran.
f.     Mampu menvisualisasikan materi yang abstrak.
g.    Media penyimpanan yang relative gampang dan fleksibel
h.    Membawa obyek yang sukar didapat atau berbahaya ke dalam lingkungan belajar
i.      Menampilkan obyek yang terlalu besar kedalam kelas

Kekurangan Multimmedia:
a.    Tuntutan terhadap spesifikasi komputer yang memadai
b.    Biaya relatif mahal untuk tahap awal
c.    Kemampuan SDM dalam penggunaan multimedia masih perlu ditingkatkan.
d.   Belum memadainya perhatian dari pemerintah
e.    Belum memadainya infrastruktur untuk daerah tertentu

§  Pemanfaatan Mutimedia
Pemanfaatan multimedia berbasis komputer yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran, meliputi ;
1. Multimedia presentasi
2. Program multimedia interaktif
3. Sarana simulasi
4. Video pembelajaran

2.      Pelaku & Saksi Sejarah
Kelebihan:
a.    Langsung kepada pelaku dan saksi sejarah, sehingga mudah menggambarkan situasi
b.    Dapat diperoleh keterangan yang sedalam-dalamnya
c.    Informasi yang diinginkan dapat diperoleh dengan cepat
d.   Informasi yang diperoleh lebih dipercayai kebenarannya
e.    Narasumber biasanya lebih bersedia mengungkapkan keterangan-keterangan yang sebenarnya tidak ingin (enggan) diberikannya

Kekurangan:
a.    Memerlukan waktu, tenaga, dan biaya yang lebih besar
b.    Sangat tergantung pada narasumber
c.    Tidak ada jaminan kebenaran
d.   Bisa saja keterangannya tidak lengkap
e.    Sering berbeda pendapat antar pelaku/ saksi sejarah 

SUMBER RUJUKAN 
 
Munadi, Yudhi. 2009. Media Pembelajaran : Sebuah Pendekatan Baru. Ciputat : Gaung Persada (GP) Press.


0 komentar:

Posting Komentar

hai pembaca...