1. Media Proyeksi: OHP, Slide, Film
§ Overhead
projector (OHP) adalah sebuah alat yang berfungsi untuk memproyeksikan
bahan-bahan visual yang dibuat di atas lembar transparan. OHP ditemukan sejak
1930-an yaitu sejak adanya penemuan lensa fresnel yang digunakan dalam OHP
(Asnawir, 2005:57)
§ Pada
dasarnya slide sama dengan film-strip, perbedaannya adalah bahwa
slide dapat diproyeksikan satu per satu, sedangkan film-strips merupakan rangkaian
atau keseluruhan penyampaian ide tertentu.
§ Film adalah
alat komunikasi yang sangat membantu proses pembelajaran efektif. Film adalah
alat yang ampuh sekali di tangan orang yang mempergunakannya secara efektif
untuk sesuatu maksud terutama terhadap masyarakat kebanyakan dan anak-anak yang
memang lebih banyak mennggunakan aspek emosinya dibanding aspek
rasioanlitasnya.
Kelebihan OHP menurut Arief S. Sadiman :
a.
Tidak perlu
menggelapkan ruangan
b.
Memungkinkan
penyajian aneka warna
c.
Guru dapat tetap
menghadap siswa saat mengajar
d.
Sepenuhnya di
bawah kontrol guru
e. Mudah
dalam penyajian
Kekurangan OHP :
Kekurangan OHP :
a. Presenter (guru, dosen, dll) harus membuat sendiri
materi presentasi di atas lembaran transparan. Pekerjaan ini tentunya
membutuhkan wktu dan usaha yang cukup melelahkan, apalagi bila menggunakan
teknik penyajian yang kompleks.
b.
Transparansi
adalah satuan terpisah dari proyektor, sehingga apabila
transparansi-transparansi tersebut tidak tersusun sesuai urutan penyajian
sering terjadi kekacauan.
Kekurangan Slide
:
a.
Sangat memungkinkan terjadi kekeliruan dalam pengurutan gambar-
gambar yang akan diproyeksikan.
b.
Pada harus mengaplikasikannya harus di dalam ruang gelap.
Kelebihan Slide :
a. Cara
pembuatannya mudah, hanya memerlukan keterampilan fotografi.
b. Gambar-gambar yang diproyeksikan dapat dipilih sesuai
kebutuhan
tuntutan tujuan pembelajaran.
c. Memungkinkan memproyeksikan aneka
ragam warna.
Kelebihan
Film :
a. Mengatasi keterbatasan jarak dan waktu.
b. Film dapat membawa anak dari
negara satu ke negara yang lain dan dari
masa yang satu ke masa yang lain.
c. Pesan yang disampaikan cepat dan
mudah diingat.
d. Mengembangkan pikiran dan
pendapat para siswa.
e. Mengembangkan imajinasi peserta
didik.
Kekurangan
Film :
a.
Terlalu menekankan pentingnya materi ketimbang proses
pengembangan materi tersebut.
b.
Pemanfaatan film untuk pendidikan, di negara kita masih sangat sedikit,
karena memang film dianggap memakan biaya
tinggi.
§ Cara
Pembuatan Film
Dalam
praktek, rangkaian kegiatan untuk mewujudkan gagasan menjadi program film atau
video ini secara bertahap menurut Arief S. Sadiman, dkk (1990:156-158)
hendaknya dilakukan melalui pembuatan synopsis,
storyboard, skrip atau naskah program, dan skenario atau naskah produksi.
§ Pemanfaatan Film
1.
Film harus dipilih agar sesuai dengan tujuan
pendidikan dan pembelajaran.
2.
Guru harus mengenal film yang tersedia dan terlebih
dahulu melihatnya untuk mengetahui manfaatnya bagi proses pembelajaran.
3.
Sesudah film dipertunjukkan, perlu diadakan disksusi.
Siswa melatih diri untuk mencari pemmecahan masalah, membuat dan menjawab
pertanyaan.
4.
Adakalanya film tertentu diputar dua kali atau lebih
untuk memperhatikan aspek-aspek tertentu.
5.
Agar siswa tidak memandang film sebagai media hiburan
semata, sebelumnya perlu ditegaskan untuk memperhatikan bagian-bagian tertentu.
6.
Sesudah itu, dapat dites berapa banyak yang dapat
ditangkap siswa dari film tersebut.
2. Media Dengar/ Audio: Radio, Casette Tapes
§ Di dunia
pendidikan, radio masih digunakan sebagai media pembelajaran, khususnya untuk
pembelajaran program pendidikan jarak jauh.
§ Perekam
kaset audio ini adalah paling populer di masyarakat. Berfungi sebagai play back program dalam bentuk kaset
ataupun perekam
Kelebihan radio:
a.
Kemampuannya
dalam mendistribusikan pesan secara cepat dengan jangkauan sasaran sangat luas.
b.
Program siaran
radio dapat bersifat langsung (live) dapat pula bersifat tunda (rekaman).
Program radio yang memungkinkan dijadikan media pembelajaran adalah program
tunda, yakni isi pesan ajarnya direkam lebih dulu.
Kekurangan
radio :
Sifat
komunikasi radio hanya satu arah (one way
communication) dan sentralistik, yakni siaran disentralisasikan sehingga
guru mengalami kesulitan untuk mengontrol proses penyampaian pesannya.
§ Cara Pembuatan
Media Dengar
1.
Mempersiapkan rekaman
2.
Memutar dengan player
§ Pemanfaatan
Media Dengar
1.
Digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran
2.
Digunakan agar kegiatan pembelajaran lebih menarik
3. Audio Visual: Slide, Film, TV
§ Pada
dasarnya slide sama dengan film-strip, perbedaannya adalah bahwa
slide dapat diproyeksikan satu per satu, sedangkan film-strips merupakan
rangkaian atau keseluruhan penyampaian ide tertentu.
§ Film adalah
alat komunikasi yang sangat membantu proses pembelajaran efektif. Film adalah
alat yang ampuh sekali di tangan orang yang mempergunakannya secara efektif
untuk sesuatu maksud terutama terhadap masyarakat kebanyakan dan anak-anak yang
memang lebih banyak mennggunakan aspek emosinya dibanding aspek
rasioanlitasnya.
§ Televisi
menurut Omar Hamalik (1985:134): “Television
is an electronic motion picture with conjoined or attendant sound ; both
picture and sound reach the eye and ear simultaneosly from a remote broadcast
point”.
Kelebihan Televisi:
a.
Bersifat
langsung dan nyata, serta dapat menyajikan peristiwa sebenarnya.
b.
Memperluas
tinjauan kelas, melintasi berbagai daerah atau berbagai negara.
c.
Dapat
menciptakan kembali peristiwa masa lampau.
d.
Dapat
menunjukkan banyak hal dan banyak segi yang beraneka ragam.
e.
Banyak
menggunakan sumber-sumber masyarakat.
f.
Menarik minat
anak.
Kekurangan Televisi:
a.
Sifat
komunikasinya hanya satu arah
b.
Jika akan
dimanfaatkan di kelas, jadwal siaran dan jadwal pelajaran di sekolah sering
kali sulit untuk disesuikan
c. Program diluar kontrol guru
d. Harga pesawat TV relatif mahal
§ Pemanfaatan
Media Audio Visual
1.
Digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran
2.
Digunakan agar kegiatan pembelajaran lebih menarik
4. Internet: Website, blog
§ Internet
(interconection and networking) adalah jaringan global yang menghubungkan
jutaan komputer di seluruh dunia, di mana komputer yang tersambung ke internet
menyediakan informasi yang terbuka untuk umum.
Kelebihan Internet:
a.
Mengkondisikan peserta didik untuk
belajar secara mandiri.
b.
Internet
memberikan sambungan (konektivitas) dan jangkauan yang sangat luas sehingga
akses data dan informasi tidak dibatasi waktu, tempat, dan negara.
c.
Up to date,
media online dapat melakukan update (pembaharuan) suatu informasi atau berita
dari waktu ke waktu dan dimana saja, tidak melulu menggunakan bantuan komputer,
tetapi fasilitas teknologi pada handphone (telepon genggam) atau lebih spesifik
dengan kata smartphone (telpon genggam yang telah memiliki fungsi setara
komputer, ex: Android, Symbian, WP, iOS, BlackBerry). Hal ini terjadi karena
media online memiliki proses penyajian informasi/berita yang lebih mudah dan
sederhana.
d.
Praktis, media
online terbilang praktis karena kemudahan untuk mendapatkan berita dan
informasinya, kapan saja bila diinginkan media online dapat dibuka dan dibaca
sejauh didukung oleh fasilitas teknologi internet. Handphone yang memiliki
fasilitas koneksi internet, komputer yang memiliki sambungan internet baik di
perkantoran atau di rumah, dan dapat pula di warung internet (warnet) (Yunus,
2010:32-33).
e.
Akses informasi
melalui internet lebih cepat bila dibandingkan dengan mencari informasi pada
halaman-halaman buku-buku di perpustakaan. Kita tinggal mengklik icon
tertentu, maka apa yang kita inginkan akan muncul di layar monitor komputer
kita.
f.
Dibandingkan
dengan membeli buku atau majalah asli, penelusuran informasi melalui internet
jauh lebih murah. Apalagi pada saat ini banyak situs yang menyediakan jasa
informasi secara cuma-cuma. Kita btinggal mengunduh atau mencetak informasi
yang kita butuhkan.
Kekurangan Internet:
a.
Komputer cenderung membuat orang pasif
secara fisik.
b.
Komputer cenderung mengisolasi, yakni
terjadi proses pembelajaran yang bersifat terlalu individual.
c.
Tidak terjamin adanya kesesuaian
informasi dari internet sehingga berbahaya jika siswa kurang memiliki sikap
kritis terhadap informasi yang diperoleh.
d. Internet bersifat interaktif dengan menyediakan
banyak sekali link-link menuju situs tertentu yang terkadang membuat kita
menggoda untuk mengkliknya yang justru membuat pencarian informasi kita
terbengkalai dan lepas kendali.
e. Salah satu kelemahan internet yang sangat terasa dan
sangat mengganggu adakah resiko terkena virus komputer yang mudah menyebar,
baik melalui email maupun
melalui file-file yang kita
unduh.
§ Pemanfaatan
Media Internet
Pemanfaatan
internet sebagai media pembelajaran mengkondisikan peserta didik untuk belajar
secara mandiri. Peserta didik dapat mengakses secara online dari berbagai perpustkaan, museum, database dan mendapatkan
informasi tentang berbagai peristiwa sejarah, biografi, rekaman, laporan, dll.
Informasi tersebut diberikan server
berasal dari commercial bussiness (com),
goverment service (gov), non-profit oragnization (org), education institution
(edu), academic institution (ac), ataupun artistic and cultural group (arts).
0 komentar: